Tugas Dan Fungsi Tim Pelatih Dalam Bola Voli


Seorang Pelatih sangat berperan penting dalam membantu mewujudkan sang atlet dalam meraih prestasi. Seorang pelatih juga harus menjadi panutan bagi atlet-atletnya. Pelatih juga harus mampu menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung didalam olahraga tersebut. Yang berarti bukan hanya menanamkan tentang juara/prestasi, tetapi juga tentang perilaku sosial seorang atlet juga harus mendapat perhatian, karena atlet secara tidak langsung akan menjadi model bagi masyarakat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tuga dan fungsi seorang pelatih dan jajarannya dalam permainan bola voli.

Pada saat ini kita kenal dengan adanya spesialisasi pemain dalam bola voli, tetapi selain itu terdapat spesialisasi dalam official bolavoli dengan tugas dan wewenang masing-masing. Biasanya mereka disebut dengan tim pelatih karena merekapun bekerja dalam suatu tim yang bertugas untuk membuat para pemain hingga dapat memenangkan pertandingan. Tim dari pelatih adalah sebagai berikut:

1. Kepala Pelatih

Kepala pelatih atau kepala “rombongan” mempunyai tugas yang cukup banyak, selain berperan sebagai kepala seluruh kepalatihan, seorang kepala pelatih bertanggung jawab terhadap keadaan pemain atau atletnya sehingga seorang kepala pelatih buth dibantu oleh orang-orang yang cukup mampu dalam membantunya . Selain itu ketika bertanding, kepala pelatih bertugas untuk mengatur strategi permainan.

2. Assisten Pelatih

Seorang assisten pelatih bertugas untuk membantu pelatih hampir dalam semua tugas pelatih, selain sebagai penasihat pelatih yang harus bisa di andalakan, seorang assisten pelatih bertugas sebagai penghubung antar pelatih dengan atlet ataupun orang-orang diluar tim.


3. Trainner

Seorang trainner bertugas untuk membantu paltih ketika berlatih yaitu ketika terjadi latihan drill ataupun bentuk latihan lain yang perlu didampingi oleh seorang pelatih.

4. Pelatih Fisik

Seorang pelatih fisik biasanya mengatur menu-menu latihan dan periodisasi latihan fisik bagi atletnya. Seorang pelatih fisik biasanya mendapat amanat dari pelatih kepala masalah porsi latihan bagi atletnya.

5. Measseur

Seorang meassure bertugas untuk membantu memulihkan kondisi fisik atlet sebelum dan sesudah bertanding agar kondisi fisiknya kembali prima dalam bentuk memijat/massage badan atlet tersebut.


6. Dokter

Dokter bertugas untuk menjaga kondisi atlet agar tetap sehat dan prima. Selain tiu ketika sakit ataupun cidera, seorang dokter bertugas untuk mengobatinya.

7. Statistik

Bertugas untuk mencatat dan mengolah data hasil pertandingan dan memberikan hasilnya kepada pelatih agar bisa membantu memilih strategi ataupun mengganti pemain yang tidak dalam kondisi baik. Bila tidak ada tim khusus statistik, bisasanya tugas ini dipegang oleh assisten pelatih.

8. Nutrition

Bertugas untuk mengatur pola makan dan nutrisi yang di asup oleh atlet


Tim pelatih yang baik akan bisa menciptakan tim bolavoli yang baik pula, tak masalah bila suatu tim bola voli hanya dipegang oleh tim pelatih yang hanya terdapat pelatih, assisten dan trainner. Yang terpenting adalah solidnya tim pelatih dalam melatih tim tersebut.

Share Jika Bermanfaat..!!

Related Post